Wisata Selain Mall

0
52
(Photo credit: Him)
Kebun Teh Tanah Hitam Solok-5020
Keluarga di perkotaan saat ini dapat dikatakan lebih sering mengajak anak-anak mereka menghabiskan waktu libur ke mall atau pusat perbelanjaan. Selain itu, anak-anak di perkotaan gemar menghabiskan waktu luangnya dengan menonton televisi atau bermain elektronik (gadget).
Berbeda dengan itu, aktivitas luar rumah dapat memberikan manfaat fisik dan psikologis yang baik bagi anak. Kegiatan luar ruangan yang menyenangkan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan memungkinkanmereka belajar koordinasi motorik kasar yang merupakan dasar dari segala keseimbangan tubuh dan pikiran. Selain itu, anak juga dapat memperoleh manfaat kognitif danmembuka wawasan tentang lingkungannya yang akan berpengaruh pada kreativitas anak ketika memecahkan masalah.
Manfaat bahasa juga terlatihdengan seringnya berkomunikasi saat melakukan kegiatan luar ruangan. Anak-anak akan mengenal dan mendapatkan kosa kata baru saat berinteraksi dengan anak lain. Mereka akan belajar cara berkomunikasi sehingga mendapat manfaat mental sosial positif seperti bekerja sama, saling membantu, berkompetisi, dan lainnya. Lebih dari manfaat bahasa, aktivitas luar ruangan jua melatih anak mengatasi beragam emosi seperti rasa senang, girang, sedih, marah, malu, merasa bersalah, dan lainnya saat mereka bertemu lingkungan baru.
Tentunya dengan mengetahui bahwa kegiatan luar ruangan sangat penting bagi anak maka Anda perlu tahu pilihannya apa saja. Berikut ini beberapa ragam aktivitas luar rumah yang dapat memberi dampak positif bagi anak terutama bila kegiatan tersebut melibatkan semua anggota keluarga. Saatnya Anda memilih kegiatan waktu luang selain pergi ke mall!
Mengunjungi kebun binatang adalah salah satu pilihan bijak bagi orang tua untuk mengenalkan anak tentang beragam hewan dan kehidupan fauna. Anakakan belajar mengenal nama binatang, makanan, habitat, dan karakteristik lainnya yang dapat memperluas wawasan mereka.
Berenang di water park dapat menjadi kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan. Anak bisa belajar berenang yang tentunya merupakan salah satu kemampuan penting untuk dimiliki anak. Biarkan mereka sepuasnya bermain air, Anda hanya perlu mengawasinya saja.
Piknik ke taman atau ke pantai bersama anak-anak juga dapat menjadi pilihan kegiatan luar ruangan lainnya. Bawalah bekal makanan untuk dimakan bersama anggota keluarga.
Kegiatan bersepeda di taman atau sekitar kompleks juga dapat menjadi pilihan kegiatan yang menarik untuk dilakukan bersama anak Anda saat libur atau akhir pekan. Kegiatan bersepeda akan membuat anak aktif bergerak dan melatih keseimbangantubuh mereka, bersepeda juga ramah lingkungan tentunya.
Bermain layang-layang bersama-sama keluarga juga menyenangkan. Terlebih lagi apabila Anda dapat mengajak anak membuat sendiri layangannya.
Jogging atau hiking bersama keluarga ke sebuah taman atau bukit kecil dapat juga menjadi kegiatan luar ruangan yang rutin dilakukan. Selain menyenangkan, udara segar taman dan perbukitan tentu baik bagi tubuh dan menyehatkan.
Berkebun adalah kegiatan luar ruangan terdekat yang dapat melibatkan anak. Ajaklah anak merapikan taman atau kebun kecil di  rumah Anda seperti menanam pohon atau bunga.  Anak juga dapat dapat mengenal jenis flora dan fauna di sekitar kebun kecil rumah Anda. 
Selain kegiatan tersebut di atas, masih banyak kegiatan menarik lainnya yang dapat menjadi pilihan kegiatan saat libur atau akhir pekan bersama anak dan keluarga. Mengingat kegiatan di luar ruangan juga memiliki risikonya sendiri, pastikan Anda mengawasi kegiatan mereka. Apabila perlu, jangan lupa menggunakan alat-alat keamanan pendukungnya(Him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here