Mengenal Perlengkapan Menyelam

0
284
image
 
 
Salah satu kegiatan mengasikkan di laut adalah menyelam. Walaupun tampak ekstrim namun kegiatan ini bisa dilakukan semua orang dengan pelatihan dan sertifikasi tentunya. Akan tetapi,sebelum mencoba untuk menjajal kegiatan ini, sebaiknya Anda perlu mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk menyelam.


Masker Selam ( Diving Mask)
Mata manusia tidak bisa fokus ketika berada di dalam air oleh karena itu masker selam (diving mask) dapat membantu mata agar bisa fokus dan menghindari mata dari iritasi yang diakibatkan oleh air. Tidak seperti kacamata renang, masker selam tidak hanya menutupi mata saja tetapi juga hidung. Hal ini berfungsi untuk menghembuskan udara ke dalam masker, sehingga membantu pernafasan ketika berada di dalam air. Masker selam yang baik harus nyaman dan bentuknya sesuai dengan wajah is pemakai.
 
Salah satu masker selam terbaik adalah Cressi Scuba Diving Snorkeling Framless Mask yang sudah ada sejak 1946. Masker ini tidak memiliki frame dan terbuat dari bahan silicon. Didesain menggunakan teknologi tinggi sehingga memiliki safety tempered glass, seal/skirt yang lentur untuk wajah, nose pocket (kantung hidung), ikat kepala/strap dilengkapai dengan buckle dan katup kuras.  Cressi Scuba Diving Snorkeling Framless Mask terdiri dari dua warna hitam dan putih dan dibandrol seharga Rp588.000,-. Anda bisa mendapatkannya di www.leisurepro.com.


Snorkel
Snorkel merupakan perlengkapan selam yang wajibdimiliki. Alat inibantu pernafasan saat menyelam atau snorkeling. Snorkel terbuat dari bahan silicon dan berbentuk seperti pipa sepanjang 12 14 inci. Dengan alat survival ini maka penyelam dapat bernapas melalui pipa snorkel tanpa harus mengangkat kepala ke permukaan. Ketika panjang snorkel bertambah maka jumlah udara yang masuk akan berkurang sehingga memengaruhi pasokan udara ke paru-paru. Snorkel biasanya diletakkan di kiri  masker selam namun ada juga yang meletakkan di bagian depan atau sebelah kanan tergantung pada tipe dan bentuknya.
 
Cressi Dry Snorkel merupakan salah satu pilihan snorkel terbaik di pasaran. Kelebihan yang ditawarkan Cressi Dry Snorkel adalah bentuknya yang sederhana, memiliki anti-splash dengan katup khusus di unjung untuk mencegah masuknya air ke tabung. Dengan corongnya yang berbentuk bengkok dan tabungnya bergelombang terbuat dari silikon hypoallergenic menambahkan kenyamanan. Cressi Dry Snorkel dijual seharga Rp196.000,- dan bisa dapatkan secara online di www.leisurepro.com


Kaki Katak (Fins)
Kaki katak diciptakan untuk membantu penyelam agar dapat bergerak (berenang)lebih mudah di dalam air dengan memberikan daya dorong/kayuh melalui kaki katak tersebut. Alat ini dinamakan kaki katak karena bentuk dan fugsinya yang mirip kaki katak. Kaki katak terbuat dari karet dengan bentuk melebar di ujungnya seperti sirip ikan. Kaki katak terdiri dari dua jenis yaitu tumit terbuka (open heel) dan kaki tertutup (full foot atau pocket foot).Ukuran  kaki katak penting untukdisesuaikan dengan bentuk kaki si pengguna agar nyaman digunakan.
 
FF19 X-Pert Evolution pada akhir 2012 dianugerahi sebagai ScubaLab 2012 Gear of the Yearoleh scubadiving.com. Menggunakan kaki katak FF 19 X-Pert memberikan kecepatan lebih kerena didesain ringan dan tipis serta menghasilkan performa maksimal dan kenyamanan pada otot kaki. Barang ini dijual seharga Rp550.000,-dan tersedia online di laman www.tusa.com.


Pakaian Selam (Scuba Suits)
Air menyerap panas sekira 800 kali lebih cepat daripada udara sehingga ketika berada di dalam air Anda akan lebih cepat merasa dingin. Untuk menghidari dan memperlambat proses ini ketika berjam-jam di dalam air maka diciptakanlah pakaian khusus selam. Pakaian selam juga berfungsi untuk  melindungi tubuh dari goresan karang maupun sengatan binatang laut. Ada dua jenis pakaian selam yaitu wet suit yang bisa basah ketika berada di dalam air dan dry suit yang terbuat dari karet dan mempunyai rongga udara antara pakaian selam di bagian luar dan dalam yang berfungsi sebagai insulator.
 
Selama bertahun-tahun MSF 500 sudah menjadi pioneer pakaian selam terbaik. MSF 500 tersedia dalam berbagai ukuran untuk wanita dan pria. MSF 500 terbuat dari bahan neoprene setebal 5 mm dan dibungkus oleh serat elastis. Dengan kombinasi kedua bahan tersebut, menjadikan gerak tubuh lebih fleksibel. MSF 500 juga dapat digunakan sepanjang musim. MSF 500 bisa diperoleh dilaman  www.othree.co.uk Dengan harga Rp12.000.000,-.


Scuba Unit
Scuba unit terdiri dari tabung scuba dan regulator. Tabung scuba berisi udara bertekanan tinggi yang dimasukkan ke dalam tabung bukanlah oksigen murni melainkan udara biasa yang disaring. Tabung scuba terbuat dari steel (baja) dengan beragam ukuran seperti 38;50;71,2 cuft dan alluminium alloys dengan  ukuran 38;50;71,2;80 dan 100 cuft. Tabung yang memiliki tulisan DOT 3 AA 2250, H 474829, 7 + 89 + menandakan bahwa tabung tersebut sudah memiliki lisensi dari Department of Transportation (DOT). Sementara regulator merupakan alat sederhana yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari dalam tabung ke saluran pernafasan melalui mulut. Regulator akan mengatur tekanan udara sesuai kebutuhan penyelam dan hanya memberikan udara yang diperlukan sesuai tekanan sekelilingnya.Tabung scuba dan regulator dijual umum namun penggunaanyaharus didampingi profesional atau yang memahaminya.


Rompi Apung (Scuba BC)
Rompi apung befungsi untuk membuat tubuh mengapung di air ataumenetralisasi keterapungan di setiap kedalaman. Rompi apung atau dikenal  life vest dan bouyancy compensator (BC)

 

Namun istilah yang sering di gunakan adalah jenis BC. Rompi apung tersedia dalam berbagai ukuran. (Him)
 
 
 
 
 
 
 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here