Menikmati Laut dengan Cara yang Berbeda

0
50
Freedice (Photo Credit: Indonesia.travel)
Freedice (Photo Credit: Indonesia.travel)
Freedice (Photo Credit: Indonesia.travel)
 
Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berwisata di laut, mulai dari area tepi pantainya hingga menikmati keindahan bawah laut. Piknik dan bermain air di tepi pantai, berenang, atau snorkeling barangkali sudah biasa bagi Anda. Bagaimana jika berikutnya mencoba menjajal atraksi lain yang lebih seru?
 
Ok, berikut ini beberapa kegiatan menarik terkait wisata bahari dan aktivitasnya. Beberapa atraksi tersebut tentunya membutuhkan peralatan yang sesuai, pemandu, dan pembekalan terlebih dahulu. Peralatan atau kendaraan yang menyertainya tidak perlu harus Anda beli karena dapat di sewa di tujuan wisata.
 
Parasailingjuga dikenal dengan istilah parascendingadalah aktivitas terbang menggunakan parasut yang terikat pada sebuah boat. Kegiatan ini terbilang aman dan biasanya penyedia jasa parasailing sudah memerhatikan standar keamaanan dengan menggunakan peralatan berstandar.
 
Ketegangan dan keseruan dimulai saat boat dilajukan dan menarik parasut hingga mengudara membawa penunggangnya. Saat terbang di atas pantai Anda dapat menikmati pemandangan indah tepi laut dan samudera. Saat air laut demikian jernih, dimungkinkan juga menyaksikan biota laut dari atasnya. Siapa saja bisa menikmati parasailing, termasuk anak-anak. Anda pun bisa tandem bersama anak atau pasangan.
 
Kitesurfing adalah kegiatan yang memanfaatkan tenaga angin untuk menerbangkan parasut serupa layangan raksasa agar dapat menarik surfboardatau kiteboard yang ditumpangi seseorang. Parasut tersedia berbagai ukuran, yaitu mulai dari 10 m² hingga 18 m². Biasanya pemakaian parasut disesuaikan dengan kecepatan angin. Pada parasut digunakan tali di tengah untuk keamanan dilengkapi stick bar sebagai pengontrol parasut yang terhubung dengan harness. Bersiaplah meluncur di atas permukaan laut dan mainkan layangan raksasa Anda untuk memaksimalkan keseruan permainan air yang satu ini.
 
Memancing (offshore sportfishing) di tengah laut untuk memburu ikan-ikan berukuran besar, seperti tuna atau cakalang adalah kegiatan seru lainnya saat berwisata bahari. Kegiatan ini menggunakan kapal-kapal berukuran dan bertenaga besar untuk dapat mengakomodasi kegiatan pemancing. Memancing ikan berukuran besar memiliki tantangan sendiri. Ada trik dan alat khusus serta tenaga ekstra untuk mengangkut ikan besar ke dalam kapal. Salah satu spot untuk melakukan pemancingan jenis ini dapat ditemukan di Sanur, Bali. Tersedia banyak kapal yang bisa disewa untuk mengantar ke tengah laut berikut alat memancing yang sesuai kebutuhan Anda.
 
Kayaking dapat dilakukan di sungai, danau atau pun laut. Kayak merupakan perahu berukuran kecil yang didayung secara tunggal. Sebagian besar kayak memiliki dek tertutup agar air tidak masuk namun ada juga yang terbuka. Sea kayakingbiasanya adalah tur mendayung dari sebuah titik dan langsung kembali lagi setelah menempuh jarak tertentu. Akan tetapi ada pula kayaking ekspedisi yang menempuh jarak jauh selama beberapa hari dengan membawa peralatan kemping, makanan, air, dan lainnya.
 
Windsurfing adalah kegiatan memanfaatkan papan selancar (windsurf) sepanjang 2 hingga 5 meter untuk melaju di laut atau danau besar. Papan ini bergerak dengan bantuan tenaga angin yang mampu mendorong layar.  Peselancar disetir oleh perputaran atau gerakan tiang layar.  Olahraga ini memadukan keahlian berlayar dan berselancar sekaligus. Untuk dapat menikmati olahraga ini memang perlu pelatihan teknik dasar berlayar, menyetir, dan berputar.
 
Water Skiing adalah jenis olahraga dimana seseorang berdiri pada sebilah papan ski yang ditarik dengankapal motor. Papan ski tersebut akan melaju sesuai kecepatan kapal motor. Kegiatan ini begitu menegangkan dan sering dipadu dengan melompati luncuran yang telah disediakan.
 
Scuba diving (menyelam) merupakan salah satu kegiatan bahari olahraga air yang paling digemari dan kianpopular. Kabarnya hampir 1 juta orang per tahun mendapatkan sertifikat menyelam. Mereka begitu tergerak untuk menikmati keindahan dan kekayaan biota laut. Scubasendiri berasal dari singkatan “Self Contained Underwater Breathing Apparatus“. Scuba diving menggunakan tabung udara untuk bernafas di dalam air sehingga bisa bertahan lebih lama.
 
Sebelum menyelam, Anda harus terlebih dulu belajar di bawah bimbingan instruktur berpengalaman dan penyelam bersertifikat. Kesiapan fisik dan mental juga perlu Anda miliki untuk melakukan scuba diving. Selain itu, seperangkat baju menyelam, masker, snorkel, fin dan booties adalah perangkat wajib saat melakukan scuba diving.
 
Sebaiknya menyelam bersama instruktur (buddy) dan mengikuti prosedur penyelaman yang distandarisasi. Akan sangat riskan menyelam sendirian bagi pemula. Perhatikan cadangan oksigen pada tabung saat menyelam karena kehabisan oksigen akan berakibat fatal.
 
Terdapat banyak sekali spot menyelam yang indah dan memesona di bawah laut Nusantara, mulai dari Wakatobi, Raja Ampat, Taman Nasional Komodo dan masih banyak lainnya. Saat menyelam sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk tidak merusak lingkungan taman bawah laut, termasuk keinginan menyentuh langsung biota laut di bawah air meski memang mereka begitu mengagumkan.
 
 
Berinteraksi dengan lumba-lumba adalah sensasi lain saat menikmati aktivitas di laut. Menyaksikan parade sekelompok lumba-lumba di lautan lepas akan memberikan pengalaman menarik karena hewan ini cenderung ramah. Mereka biasanya akan mengiringi kapal atau speedboatyang melintas di dekatnya dengan melompat-lompat ke permukaan.
 
Memang untuk menyaksikan atraksi mereka tidak bisa di sembarang tempat. Yang paling terkenal di Indonesia sebagai jalur migrasi lumba-lumba adalah Pantai Lovina, Bali dan Teluk Kiluan, Lampung. Di Teluk Kiluan pada April hingga September akan ada ribuan lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) melintasi teluknya.
 

Underwater Sea Walk sudah banyak di Indonesia terutama di Bali seperti Tanjung Benoa, Sanur, Nusa Lembongan. Anda tidak harus bisa berenang atau memiliki sertifikat diving untuk menyingkap keindahan bawah laut dan menapaki dasarnya. Anda hanya membutuhkan sejenis helm berukuran segiempat transparan sebelum menceburkan diri ke birunya laut dan menyaksikan taman lautnya yang spektakuler. Helm khusus ini memungkinkan Anda bernafas di dalam air. Sebelum melakukan kegiatan penuh kesan ini, seorang instruktur akan memberikan pengarahan tentang alat, ekosistem laut, prosedur keamanan, serta jalur  di bawah lautnya. 

 

Underwater scooter belum begitu popular di Indonesia dan saat ini dapat dilakukan di Tanjung Benoa, Bali. Aktivitas ini adalah menjelajahi bawah laut dengan mengendarai sejenis kendaraan bawah air yang disebut scooter. Tidak harus bisa menyetir atau ahli menyelam demi menikmatinya. Underwater scooterdapat dilakukan sendiri atau bersama pasangan hingga kedalaman 4 meter. Anda juga akan bisa bernapas dengan normal di bawah laut karena scooter ini dilengkapi kaca transparan yang memungkinkan Anda menikmati pemandangan bawah laut di segala sisi (360 derajat).

Instruktur sebelumnya akan memberi pengarahan cara menggunakan kendaraan ini sebelum Anda memulai petualangan. Anda juga akan dibekali peralatan diving untuk menjamin keamanan dan menangkal dingin.  Menariknya, apabila Anda bersama pasangan maka bisa tetap mengobrol sambil menikmati pemandangan bawah laut. Biasanya durasi kegiatan  ini sekira 40 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here