Menikmati Wisata Keluarga

0
40
Pulau Lengkuas
Photo credit: Him
Rutinitas pekerjaan selain menimbulkan kebosanan juga kerap kali menjadi jurang pemisah antaranggota keluarga. Orang tua yang sibuk bekerja membuat mereka jarang bertemu anak-anak atau sanak keluarga. Untuk mengembalikan kehangatan keluarga diperlukan suasana baru yang dapat mempererat kedekatan satu sama lain. Nah, salah satu caranya adalah dengan wisata keluarga.
Berwisata bersama keluarga tentunya perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Beragam destinasi wisata dapat Anda pilih apakah wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan lainnya. Persiapkan dan rencanakanbudget secara seksama jangan sampai melampaui yang telah dipersiapkan. Jangan pula kegiatan berwisata membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat atau melakukan pekerjaan rumah yang sempat tertunda.
Agar waktu dan kegiatan berwisata bermakna dan menyenangkan, berikut ini kiat agar Anda nyaman berwisata bersama keluarga.

Pilih tujuan atau daya tarik wisata yang dapat dinikmati semua anggota keluarga. Pastikan pilihan itu aman dan nyaman bagi semua. Mengapa tidak Anda berdiskusi bersama keluarga tentang pilihan mana saja yang memungkinkan untuk dikunjungi.

Apabila Anda akan meninggalkan rumah lebih dari tiga hari maka pastikan meninggalkannya aman, baik itu mengunci rumah dan tidak menyimpan kuncinya di tempat tersembunyi di depan rumah. Apabila memungkinkan titipkan kunci dan rumah kepada tetangga atau satpam dengan menyertakan nomor telepon Anda.

Untuk menghindari anak agar tidak rewel dan bosan, bawalah mainan kesayangan mereka. Hal ini untuk mengalihkan perhatian ketika mereka mulai bosan. Akan tetapi, perhatikan apabila itu berupa gadgetkarena justru dapat menyibukkan mereka dari menikmati berwisata dan belajar tentang banyak hal di tujuan.

Persiapkan kotak P3K  dan obat-obatan khusus, jangan lupa bawa lotion anti nyamuk, lotion tabir surya, dan sebagainya. Apabila Anda memiliki balita maka persiapkan kebutuhannya secara seksama.

Periksa kendaraan sebelum berangkat termasuk service berkala. Lakukan pengecekan sebelum berangkat terutama pada rem, tekanan ban dan kondisi ban, accu, karburator, busi, serta lampu kendaraan. Jangan lupa membawa perlengkapan bengkel sederhana, kartu identitas, serta pelajari rute perjalanan dan rute alternatif jika perlu.

Apabila Anda memanfaatkan moda transportasi umum maka pastikan jadwal dan pembelian tiket jauh hari sebelumnya. Mengapa tidak memanfaatkan pemesanan tiket online. Perhatikan juga kemungkinan perubahan jadwalnya.

Catat nomor-nomor telepon penting sekitar destinasi wisata yang akan Anda tuju seperti rumah sakit, kantor polisi, bengkel dan sarana umum lainnya. Perhatikan pula keberadaan fasilitas umum seperti supermarket, pom bensin, toilet umum, dan sebagainya. Tempat-tempat tersebut sangat penting untuk Anda ingat.

Berpakaianlah sesuai lokasi tujuan wisata agar Anda nyaman dan usahakan tidak menggunakan perhiasan mencolok. Bawalah payung dan gunakan sunblock agar Anda tetap nyaman bila terjadi perubahan cuaca tiba-tiba.

Bawalah kamera, karena moment bersama keluarga perlu diabadikan untuk membangkitkan motivasi dan semangat Anda ketika kembali pada rutinitas.

Ketika sampai di tujuan maka dapat mencari tourist information center untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata yang Anda tuju.

Berwisatalah secara bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ajarkan pula anak Anda untuk peduli pada kebersihan dan keberlangsungan lingkungan.

Jangan lupa membeli oleh-oleh namun perhatikan juga agar tidak membebani barang bawaan Anda.

Selamat berwisata bersama keluarga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here