Energi Positif Seharian

0
44
FullSizeRender
 
Aktivitas kita sehari-hari tentunya membutuhkan banyak energi. Akan tetapi, lebih sering dari kita kehabisan energi sebelum habis hari sehingga tubuh terasa kelelahan padahal rasanya belum banyak beraktivitas. Selain makanan bergizi sebagai asupan energi terbesar sebenarnya ada beberapa hal penting lain yang dapat menguras energi positif tubuh kita.
Secara fisik, penyebab utama hilangnya energi dalam tubuh adalah pola makan yang tidak teratur dan diet yang tidak benar. Keduanya menjadi penyebab terkurasnya energi positif dengan cepat dan membuat tubuh tidak nyaman sehingga memengaruhi emosi menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, apabila kondisi emosi Anda sedang tidak baik maka cobalah makan nutrisi khusus atau konsumsi makanan yang bisa membuat tubuh segar dan perasaan Anda lebih nyaman.
Selain asupan makanan perlu diketahui bahwa energi positif dari tubuh dan pikiran kita juga dapat digerogoti oleh tindakan dan kebiasaan negatif. Beberapa contoh diantaranya adalah: kebiasaan mengeluh terhadap pekerjaan atau situasi, sering membandingkan diri dengan orang lain, kebiasaan menunda pekerjaan, serta banyak berinteraksi dengan lingkungan yang berpikiran negatif.
Semua tindakan dan pola pikir itu sebenarnya dapat membuang energi positif dan menurunkan konsentrasi pikiran kita. Pun begitu apabila Anda lebih sering mendengarkan cerita atau pernyataan negatif rekan pastinya Anda akan merasa lelah pikiran sehingga memengaruhi energi positif kita.
Nah, untuk itu Anda perlu tahu beberapa tips ringan memperbaharui energi positif harian kita berikut ini.
1.     Cobalah menyediakan pewangi ruangan dari aroma citrus. Senyawa darinya mampu menstimulasi otak agar lebih segar. Pilihan lain adalah mencuci tangan dengan sabun beraroma sitrus atau jeruk juga dapat membuat aktivitas lebih berenergi. Aroma dari bunga lavender juga dipercaya mampu menstimulasi dan menyegarkan otak. Mencuci tangan dengan sabun atau lotion beraroma lavender pun bisa menambah produksi gelombang beta di otak yang bisa membuat Anda semakin siap beraktivitas.
2.     Sesaat bekerja cukup lama duduk cobalah beristirahat dengan berjinjit menggunakan ujung kaki Anda. Lakukan gerakan jongkok beberapa kali menyelinginya. Tindakan tersebut mampu membangkitkan sistem sirkulasi sehingga oksigen dan gula darah lebih cepat beredar ke seluruh bagian tubuh.
3.    Terlalu lama duduk di depan komputer itu tidak baik dan pastinya juga membosankan. Posisi duduk lama juga bisa membuat aliran darah bergerak lambat. Oleh karena itu, rutinkan selalu dalam keadaan siaga dengan bergerak setiap beberapa jam. Anda dapat beranjak ke kamar mandi untuk mencuci tangan dengan sabun beraroma jeruk, citrus, atau lavender. Beranjak keluar mengamati sekitar atau berjalan-jalan ke kantin pun bisa membantu menyegarkan pikiran dan energi positif.
4.  Saat istirahat kerja, cobalah benar-benar istirahat dengan duduk sejenak sambil mengambil napas dalam sehingga pikiran dan perasaan Anda tenang. Lakukan selama lima menit untuk menarik nafas dalam dan mengeluarkannya perlahan agar otak yang tegang sirna dan bisa lebih berpikir produktif kembali.
5.   Masih diperdebatkan tentang fungsi konsumsi kopi lebih dari dua gelas di siang hari. Namun, mengapa tidak kali ini membiasakan ganti dengan minum teh segelas sehari. Lebih baik pilihlah teh yang mengandung ginseng atau ginkgo biloba yang bisa meminimalkan efek negatif hormon stres serta mendorong kelenjar adrenal untuk memberi Anda energi lebih. Sekarang ini banyak pula varian teh dengan aroma atau kandungan tertentu yang mampu menghilangkan stres.
6. Beberapa jam sebelum makan siang atau sore sebelum pulang kerja Anda dapat menambah energi dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Pagi atau menjelang siang hari coba konsumsi karbohidrat kompleks dan lemak yang sehat bisa memberi tambahan energi seperti telur orak-arik dengan muffin gandum whole grain dan sepotong keju rendah lemak. Saat sore hari Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan ditambah yoghurt bebas lemak. Kombinasi ini lama dicerna dan mampu memberikan tambahan energi namun tanpa membuat kadar gula darah Anda mendadak naik.
7.    Mengkonsumsi suplemen B-kompleks dapat memberikan Anda cadangan tenaga sehari-hari. Suplemen B-kompleks mampu memberi nutrisi kelenjar adrenalin yang bekerja memproduksi energi di dalam tubuh. Coba pilih suplemen dengan fomula yang memiliki kandungan 100 mg vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6.
8.   Apabila suatu saat Anda benar-benar merasa kelelahan karena aktivitas di siang hari maka jangan korbankan energi untuk hari esok. Oleh karena itu, sepulang kerja tidurlah lebih cepat di malam harinya. Selain meregenerasi sel-sel dan organ tubuh, tidur juga semacam tombol untuk menyegarkan otak Anda. Tidur dengan kondisi gelap atau lampu mati lebih efektif mempercepat pemulihan tubuh Anda dan juga akan membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. (Him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here